KERJA
PENDAHULUAN
Pengertian
- Kerja yaitu kegiatan yang dilakukan seseorang untuk menyelesaikan atau mengerjakan sesuatu yang menghasilkan alat pemenuhan kebutuhan yang ada seperti barang atau jasa dan memperoleh bayaran atau upah.
Latar Belakang
- Belum mengerti Kerja
MAKSUD DAN TUJUAN
- Memenuhi kebutuhan hidup agar tercukupi
- Mencari kepuasan
- Mengamalkan ilmu yang didapat dimasa belajar nya.
BATASAN DAN RUANG LINGKUP
- Kesehatan baik Jasmani dan Rohani
- Integritas
- Identitas
TARGET YANG DIHARAPKAN
- Mengerti kerja dan bisa melakukan sesuai dengan SOP di pekerjaan tersebut
ALAT DAN BAHAN
- Laptop
- Internet
TARGET WAKTU
- 5 Jam
TAHAPAN PELAKSANAAN
- Obrolan santai dan diskusi dengan tema "Apa Itu Kerja"
Kerja yaitu kegiatan yang dilakukan seseorang untuk menyelesaikan atau mengerjakan sesuatu yang menghasilkan alat pemenuhan kebutuhan yang ada seperti barang atau jasa dan memperoleh bayaran atau upah.
Pekerjaan adalah suatu hubungan yang melibatkan dua pihak antara perusahaan dengan para karyawan, atau bisa juga pekerjaan dari sendiri misalnya toko.
- Tugas & Tangung jawab pekerjaan
Melaksanakan pekerjaan sesuai dengan tugas dan perintah yang diberikan Menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan perusahaan demi kalangsungan perusahaan, Bertanggung jawab pada hasil produksi, Menciptakan ketenangan kerja di perusahaan (Soedarjadi, 2009:15)
- Setiap pekerja mempunyai hak untuk memperoleh perlindungan atas :
Keselamatan dan kesehatan kerja, Moral dan kesusilaaan, dan Perlakuan yang sesuai dengan harkat dan martabat manusia serta nilai-nilai Agama.
Untuk melindungi keselamatan pekerja guna mewujudkan produktivitas kerja yang optimal diselenggarakan upaya keselamatan dan kesehatan kerja
Perlindungan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dan ayat (2) dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang- undangan yang berlaku.
- Proses Kerja
Proses Kerja adalah berkaitan dengan cara di mana tenaga kerja manusia, yang bekerja dengan alat atau instrumen produksi, mengubah bahan mentah menjadi produk yang berguna. Setiap tipe aktivitas kerja adalah proses kerja.
Yang harus dipersiapkan untuk memasuki Dunia Kerja
- Mental yang kuat
- Mengenali Diri
- Mengasah kemampuan
- Mengontrol Emosi
- Menjadi pendengar yang baik
Cara mengatur waktu agar Aktifitas/Pekerjaan lebih produktif
- Mengatur waktu dengan cara memprioritaskan hal yang penting
- Menolak mmelakukan kegiatan yang kurang penting
- Mengurangi beberapa hal yang mengganggu kegiatan produktivitas
- Memperkirakan jarak waktu
- Menjaga pola tidur
TEMUAN MASALAH DAN PENYELESAIANNYA
- Yang harusnya Prakerin itu praktik kerja malah belum tahu carannya kerja
- Solusinya lebih memahami lagi apa yang dimaksud dengan kerja, mulai dari pengertian, kenapa harus dilakukan, sesuai dengan kerangka berfikir
KESIMPULAN
- Setelah memahami tentang kerja kita dapat melakukan suatu pekerjaan sesuai SOP dan ruang lingkupnya