BAB I // Budaya Kerja Vokasi // Perkembangan Industri // BLC TELKOM KLATEN

BAB I ( SATU )




 PENDAHULUAN

Pengertian

  • Budaya Kerja adalah falsafah yang didasari pada pandangan hidup sebagai nilai-nilai yang menjadi sifat, kebiasaan dan juga pendorong yang dibudayakan dalam suatu kelompok yang tercermin dalam sikap menjadi perilaku, cita-cita, pendapat, pandangan serta tindakan yang terwujud sebagai kerja (Gering Supriyadi dan Tri Guno). Ssedangkan Vokasi adalah  pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu, meliputi program pendidikan Diploma yang setara dengan program pendidikan akademik. Pendidikan diploma 4 setara pendidikan sastra 1 dengan Lulusan pendidikan vokasi akan mendapatkan gelar vokasi. 


Latar Belakang

  • Penerapan budaya kerja ini memungkinkan setiap orang bekerja secara individu namun tetap fokus pada kesuksesan sebagai sebuah tim.



MAKSUD DAN TUJUAN

  • mengubah sikap dan juga perilaku SDM yang ada agar dapat meningkatkan produktivitas kerja untuk menghadapi berbagai tantangan di masa yang akan datang.


BATASAN DAN RUANG LINGKUP

  • Perkembangan Industri

  • Tantangan Pendidikan Vokasi

  • Tantangan Bagi Siswa SMK

  • K3


TARGET YANG DIHARAPKAN

  • Bisa menerapkan budaya kerja yang baik di Dunia Industri ataupun Lembaga Pendidikan


ALAT DAN BAHAN 

  • Laptop

  • Internet


TARGET WAKTU

  • 2 Jam


TAHAPAN PELAKSANAAN

Membaca dan mencermati Buku Strategi budaya Kerja VOKASI




    A.Perkembangan Industri

  • Revolusi Industri 4.0

Revolusi Industri 4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Istilah ini mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala, komputasi awan dan komputasi kognitif. Industri 4.0 menghasilkan pabrik cerdas .

  • CPS 

CPS adalah teknologi untuk menggabungkan antara dunia nyata dengan dunia maya.

  • IOT 

Internet of things (IoT) didefinisikan sebagai sebuah jaringan dengan masing-masing benda yang tertanam dengan sensor yang terhubung kedalam jaringan internet.    

    


    B.Tantangan Bagi Pendidikan Vokasi


    Tujuan SMK / Pendidikan Vokasi adalah mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja pada bidang tertentu (UU No 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas). 

    Proses Belajar di pendidikan Vokasi harus dirancang agar menyerupai tempat kerja di dunia industri dan atau dunia usaha, baik peralatannya, sarana prasarana pendukungnya, keterampilan penggunaan alat kerja dan mesin produksi, maupun budaya kerjanya.

    Yang menjadi tantangan Pendidikan Vokasi / SMK adalah Banyak bidang pekerjaan yang selama ini diisi tenaga manusia hilang digantikan dengan teknologi, mesin, robot, ataupun kecerdasan buatan. Akibatnya banyak lulusan pendidikan vokasi yang seharusnya langsung bisa bekerja akhirnya terancam menjadi pengangguran.

    Ciri Budaya Kerja di Industri adalah budaya kerja yang produktif, disiplin, peduli, tanggungjawab, dan jujur dengan sikap kerja yang benar agar selamat dan sehat dalam bekerja

    Penyebab Ketidakselarasan, Kesesuaian dan kecocokan lulusan pendidikan vokasi yang dibutuhkan di dunia industri adalah karena proses belajar mengajar belum mengarah kepada pemenuhan kebutuhan pasar kerja, dan hal ini membuat serapan lulusan menjadi agak rendah. Pengetahuan tentang proses produksi, mesin dan alat produksi, kualitas produksi masih kurang mencukupi kebutuhan industri.

    Minimal tata nilai dalam budaya kerja Industri yang ahrus diterapkan di pendidikan vokasi adalah 5S atau 5R, yaitu ringkas, rapi, resik, rawat dan rajin. 

    Penerapan 5R

Penerapan 5R dapat meliputi perkantoran, pergudangan, kamar mandi, mesin di bengkel praktik, peralatan dan sarpras tempat praktik kerja, laboratorium, taman, dan lain-lain yang terkait dengan sarana prasarana, lingkungan kerja, dan penampilan diri pribadi (contextual).

    Perilaku yang bersifat (contextual) mendukung keterampilan utama dalam produksi kerja antara lain adalah bagaimana berperilaku sopan, santun, dan peduli kepada para pelanggan. Pelanggan ini terdiri atassesama siswa, orang tua siswa, guru, teknisi, pegawai pendidikan vokasi dan mitra kerja yang lain seperti pemerintah daerah, industri serta dari dunia usaha.


    Tantangan Bagi Siswa SMK 

  • Kompetensi

Harus memiliki Kompetensi sesuai bidang yang diminati atau ditekuni, jadi siswa SMK dapat bersaing ketika bekerja di industri

  • Soft Skills

Kita diharuskan memiliki Soft Skills yang baik sehingga dapat digunakan menjadi faktor pendukung dari Kompetensi yang dimiliki, seperti bersosialisasi, public speaking, dsb

  • Mampu bersaing dengan Teknologi

Pandai mengoperasikan komputer, sistem otomasi, menggunakan pemrogaman dan robot pintar juga sangat dibutuhkan sekarang pada Industri


    K3

  • Ciri budaya yang baik adalah memperhatikan K3, selalu melengkapi diri dengan APD (Alat Pelindung Diri)


TEMUAN MASALAH DAN PENYELESAIANNYA

  • Belum tahu tentang Budaya Kerja Vokasi, dan setelah membaca E-book Strategi Kerja VOKASI.pdf jadi tahu.



RFERENSI

  • Buku Strategi Budaya Kerja VOKASI.pdf


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama