Sukses dengan Soft Skills
Soft skills dapat dilatih sejak sebelum lulus kuliah Untuk mengasah soft skills, seimbangkan aktivitas akademik & non akademik.
Tentunya Soft skills tidak lepas dengan yang namanya mempunyai kesadaran diri, Soft skills mempunyai 7 Aspek :
- Communication Skills
- Organization Skills
- Leadership
- Logic
- Effort
- Group skills
- Ethics
Yang pertama akan kita bahas adalah Communication Skills, apa itu yang dimaksud dengan komunikasi ? simak penjelasan di bawah!!!
- Communication Skill
Komunikasi adalah proses pertukaran suatu informasi antar individu atau kelompok dengan adanya makna atau tujuan yang ingin disampaikan.
Kenapa kok diperlukan ya agar seseorang itu tahu apa yang kita pikirkan, juga agar tidak terjadi kesalah pahaman. Nah, komunikasi sendiri terdiri dua jenis, yaitu :
- Verbal
Secara umum, komunikasi verbal adalah komunikasi yang berbentuk lisan ataupun tulisan, contohnya adalah penggunaan kata-kata.
- Non Verbal
Sedangkan komunikasi non-verbal adalah komunikasi yang tidak menggunakan kata-kata, contohnya menggunakan bahasa tubuh seperti gerakan tangan, bahkan Intonasi suara dan kecepatan berbicara.
- KOMUNIKASI LISAN
Tips komunikasi One on One
- Gnakan alat bantu
- Bertanya untuk memastikan
- Catat poin-poin penting & sampaikan rangkuman
- Jangan buat pernyataan ambigu
Tips Presentasi
- Persiapkan dengan matang
- Pembukaan Menarik
- Tekankan Poin-poin penting
- Gunakan fakta
- Gunakan alat bantu
- libatkan peserta
- Kontak mata
- Perhatikan bahasa tubuh dan intonasi
- Perhatikan pertanyaan dan Komentar
Tips Group Discussion
- Ungkapkan ide
- Fokus
- Menghargai orang lain
Kesalahan umum dalam komunikasi isan
Terlalu gugup
Kontak mata yang kurang baik
Berbicara terlalu panjang
Volume suara tidak sesuai