PENTINGNYA ETIKA KOMUNIKASI // BLC TELKOM KLATEN

 ETIKA KOMUNIKASI



PENDAHULUAN 

a.pengertian

Etika adalah konsep penilaian sifat kebenaran atau kebaikan dari tindakan sosial berdasarkan kepada tradisi dan budaya yang dimiliki oleh individu maupun kelompok.
Komunikasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, yang bertujuan untuk menyampaikan pesan agar tidak salah makna.

b.latar belakang

Untuk berkomunikasi yang baik, maka perlu yang namanya Etika komunikasi.

MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dan tujuannya adalah supaya kita tahu bagaimana ber etika yang benar dalam komunikasi

RUANG LINGKUP

Etika komunikasi

ALAT DAN BAHAN 

  • Laptop 
  • E-book Etika komunikasi

HASIL YANG DIHARAPKAN 

Bisa menerapkan Etika yang sesuai pada saat berkomunikasi

TARGET WAKTU

2 Jam

TAHAPAN PELAKSANAAN

  • Briefing
  • Pembahasan :
Etika dalam ber komunikasi

Etika berasal dari bahasa yunani yaitu ethos yang berarti karakter, watak kesusilaan
atau adat kebiasaan di mana etika berhubungan erat dengan konsep individu atau
kelompok sebagai alat penilai kebenaran atau evaluasi terhadap sesuatu yang telah
dilakukan

Berikut di bawah ini adalah beberapa etika dan etiket dalam berkomunikasi antar
manusia dalam kehidupan sehari-hari :
1. Jujur tidak berbohong
2. Bersikap Dewasa tidak kekanak-kanakan
3. Lapang dada dalam berkomunikasi
4. Menggunakan panggilan / sebutan orang yang baik
5. Menggunakan pesan bahasa yang efektif dan efisien
6. Tidak mudah emosi / emosional
7. Berinisiatif sebagai pembuka dialog
8. Berbahasa yang baik, ramah dan sopan
9. Menggunakan pakaian yang pantas sesuai keadaan
10. Bertingkahlaku yang baik

Beberapa contoh Etika komunikasi dalam kehidupan sehari-hari :
  • Menggunakan pakaian yang sopan sesuai dengan keadaaan
  • Kalau diajak bicara juga ikut bicara
  • Menatap mata lawan bicara dengan lembut
  • dan lain sebagainya
Komunikasi yang efektif harus mengandung unsur 5W+1H

  • Who ( siapa )
contohnya : Siapa sih yang terlibat di pekerjaan ini ( berisikan pelaku )
  • When ( kapan )
contohnya : kapan pekerjaan ini akan dilakukan ( berisikan waktu )
  • What ( apa )
contohnya : apa sih pekerjaan yang akan dilakukan 
  • Where ( di mana )
contohnya : Di mana sih pekerjaan ini dilaksanakan ( berisikan tempat )
  • Why ( mengapa )
contohnya : mengapa sih pekerjaan ini harus dilakukan ( berisikan latar belakang )
  • How ( bagaimana )
contohnya : bagaimana cara agar pekerjaan ini cepat selesai

KESIMPULAN 

Setelah mengetahui cara untuk ber komunikasi sesuai dengan Etika yang dibutuhkan, kita menjadi mengerti cara agar lawan bicara nyaman berkomunikasi dengan kita.

REFERENSI

E-book Etika komunikasi




Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama