PENTINGNYA EMPLOYABILLITY SKILLS BAGI LULUSAN SMK // BLC TELKOM KLATEN

BUKU EMPLOYABILLITY SKILLS LULUSAN SMK




PENDAHULUAN

a.Pengertian

Employability Skills merupakan suatu keterampilan yang memungkinkan seseorang untuk mendapatkan pekerjaan atau dapat tetap bekerja, meliputi keterampilan personal, keterampilan interpersonal, sikap, kebiasaan, dan perilaku (Lankard, 1990)

Employability skills dalam bahasa Indonesia biasa disebut Kecakapan Bekerja.Kecakapan ini merupakan keterampilan-keterampilan generik yang dituntut untuk diterapkan di berbagai variasi pekerjaan dan disiapkan untuk memasuki lingkungan kerja

b.Latar Belakang Masalah

Employabillity Skill merupakan syarat utama masuk ke pekerjaan, terutama bagi lulusan SMK yang siap kerja.

MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dan tujuannya adalah supaya kita tahu dan bisa menerapkan Employabillity Skills di dalam dunia Kerja.

BATASAN DAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN

Pentingnya Employabillity Skills bagi lulusan SMK.

TARGET DAN HASIL YANG DIHARAPKAN

bisa menerapkan di kehidupan sehari-hari dan di dunia kerja

ALAT DAN BAHAN

  • Laptop
  • Internet

TARGET WAKTU

  • 3 Jam ( 14.00-16.00 ) 

TAHAPAN PELAKSANAAN

  1. Briefing
  2. Pembahasan :



    Seseorang dikatakan mempunyai Employabillity Skills ketika dapat berpikir secara kritis, bertindak menggunakan logika, dan mengevaluasi situasi dalam membuat keputusan dan pemecahan masalah, merupakan aset tenaga kerja yang sangat bernilai merupakan hal krusial bagi pekerja untuk dapat bekerja dengan baik. 

Menurut hasil kajian
American Institutes for Research(2016), keterampilan employability, yang dapat diajarkan melalui sistem pengembangan pendidikan dan tenaga kerja, dibagi menjadi tiga kategori besar:

1. Effective Relationship yaitu keterampilan interpersonal dan kualitas pribadi yang memungkinkan individu untuk berinteraksi secara efektif dengan klien, rekan kerja, dan supervisor.
2. Keterampilan Tempat Kerja yaitu keterampilan dan pemahaman analitis dan organisasional yang dibutuhkan karyawan untuk berhasil melakukan tugas-tugas kerja.
3. Pengetahuan Terapan yaitu integrasi pengetahuan akademik dan keterampilan teknis yang bijaksana, dimanfaatkan secara praktis di tempat kerja.

Effective Relationship
a. Kemampuan interpersonal
1) Memahami kerja tim dan bekerja dengan orang lain.
2) Menanggapi kebutuhan pelanggan.
3) Latihan kepemimpinan.
4) Negosiasi untuk menyelesaikan konflik.
5) Menghormati perbedaan individu.

b. Kualitas pribadi
1) Mendemonstrasikan tanggung jawab dan disiplin diri.
2) Beradaptasi dan menunjukkan fleksibilitas.
3) Bekerja secara mandiri.
4) Mendemonstrasikan keinginan untuk belajar.
5) Mendemonstrasikan integritas.
6) Mendemonstrasikan profesionalisme.
7) Mengambil inisiatif.
8) Menampilkan sikap positif dan rasa harga diri.
9) Mengemban tanggung jawab untuk pertumbuhan profesional.

Workplace Skills
a. Pengelolaan sumber daya
1) Mengatur waktu
2) Mengatur uang
3) Mengelola bahan
4) Mengatur personil

b. Penggunaan Informasi
1) Menempatkan informasi
2) Mengatur informasi
3) Menggunakan informasi
4) Menganalisis informasi
5) Mengkomunikasikan informasi

c. Keterampilan Komunikasi
1) Berkomunikasi secara lisan
2) Mendengarkan secara aktif
3) Memahami materi tertulis
4) Menyampaikan informasi secara tertulis
5) Mengamati dengan saksama

d. Berpikir Sistem
1) Memahami dan menggunakan sistem
2) Monitor Sistem
3) Memperbaiki sistem

e. Keterampilan Menggunakan Teknologi

Applied Knowledge

a. Keterampilan Akademik Terapan
1) Menggunakan keterampilan membaca
2) Menggunakan keterampilan menulis
3) Menggunakan strategi dan prosedur matematika
4) Menggunakan prinsip dan prosedur ilmiah

b. Kemampuan berpikir kritis
1) Berpikir kritis
2) Berpikir kreatif
3) Membuat keputusan yang baik
4) Memecahkan masalah
5) Alasan
6) Merencanakan dan mengatur

employability skills terdiri dari 16 keterampilan penting yang
terbagi menjadi 5 kategori sebagai berikut.
1. Fundamental
2. Etika Kerja /Karakter
3. Pemecahan Masalah
4. Interpersonal
5. Komputer

Aspek Employabillity Skills
1. Komunikasi
2. Kerjasama Tim
3. Memecahkan Masalah
4. Prakarsa dan Berusaha
5. Merencanakan dan Mengatur Kegiatan
6. Mengelola Diri
7. Belajar
8. Menggunakan Teknologi
9. Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

A. Keterampilan Berkomunikasi
Komunikasi adalah kegiatan yang dilakukan 2 orang atau kelompok yang bertujuan untuk menyampaikan pesan agar tidak salah makna

Atribut-atribut keterampilan berkomunikasi yang dapat diidentifikasi meliputi:
a. Mendengarkan dan memahami pembicaraan orang lain;
b. Memahami kebutuhan pelanggan internal dan eksternal;
c. Menuliskan kebutuhan audience;
d. Berbicara secara langsung dan jelas;
e. Menyampaiakan informasi dan pendapat secara lisan;
f. Menyampaikan informasi dalam bentuk presentasi;
g. Menyampaiakan gagasan dalam bentuk tulisan;
h. Berbagi informasi;
i. Mengembangkan sikap dan gaya penyampaian gagasan sesuai situasi dan kondisi.

komunikasi yang baik adalah komunikasi yang efektif
ada beberapa tata cara berkomunikasi yang efektif yaitu:
a. Melihat lawan bicara
b. Suaranya terdengar jelas
c. Ekspresi wajah yang menyenangkan
d. Tata bahasa yang baik
e. Pembicaraan mudah dimengerti, singkat dan jelas

B. Keterampilan Bekerja dalam Kelompok
bekerja dalam kelompok adalah memberikan kontribusi dalam pengembangan dan pencapaian tujuan tim
Atribut-atribut bekerja dalam kelompok yang diidentifikasi meliputi:
a. menunjukkan tanggung jawab terhadap tugas tim.
b. Menghargai kemampuan, pendapat atau kontribusi orang lain.
c. Membagi pengetahuan, pendapat dan gagasan dalam proses pengambilan keputusan tim.
d. Menyelaraskan tujuan individu dengan tujuan tim.
e. Mendorong anggota tim untuk berpartisipasi aktif dalam tim.
f. Mendukung keputusan yang disepakati bersama.
g. Bekerja di berbagai usia tanpa memandang jenis kelamin, ras, agama atau persuasi politik.
h. bekerja sebagai individu dan sebagai anggota tim.

C. Keterampilan Memecahkan Masalah

seseorang dianggap memiliki dan menghadapi masalah bila menghadapi 5 kondisi berikut ini:
a. Memahami dengan jelas kondisi atau situasi yang sedang terjadi.
b. Memahami dengan jelas tujuan yang diharapkan.
c. Memiliki berbagai tujuan untuk menyelesaikan masalah dan dapat mengarahkan menjadi satu tujuan penyelesaian.
d. Memahami sekumpulan sumber daya yang dapat dimafaatkan untuk mengatasi situasi yang terjadi sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Hal ini meliputi waktu, pengetahuan, keterampilan, teknologi atau bahan tertentu.
e. Memiliki kemampuan untuk menggunakan berbagai sumber daya untuk mencapai tujuan.

D. Keterampilan dalam Mengambil Prakarsa dan Berusaha
Atribut-atribut berusaha yang diidentifikasi meliputi:
a. Adaptasi terhadap situasi baru
b. Mengembangkan strategi, kreativitas, dan visi jangka panjang
c. Mengidentifikasi peluang
d. Menerjemahkan ke dalam tindakan
e. Menginisiasi solusi-solusi inovatif.
Keterampilan mengambil prakarsa dan berusaha akan membantu seseorang untuk meningkatkan kualitas dalam bekerja

E. Keterampilan Merencanakan dan Mengatur Kegiatan
Atribut-atribut merencanakan dan mengatur kegiatan yang diidentifikasi meliputi:
a. Mengelola waktu dan prioritas kegiatan ;
b. Mengambil inisiatif dan membuat keputusan;
c. Berpartisipasi dalam proses perencanaan dan peningkatan secera berkelanjutan;
d. Membuat tujuan proyek menjadi jelas dan dapat dilaksanakan;
e. Menyesuaikan sumber daya untuk menanggulangi berbagai kemungkinan.

F. Keterampilan Mengelola Diri
Atribut-atribut keterampilan mengelola diri yang diidentifikasi meliputi:
a. Bertanggung jawab terhadap tindakan-tindakan yang diambil
b. Membuat rencana kerja secara sistematis
c. Melaksanakan rencana kerja secara konsisten
d. Bersikap tenang dalam melaksanakan rencana kerja secara konsisten
e. Melakukan evaluasi diri mengupayakan guna peningkatan kinerja
f. Memiliki keyakinan dan kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Manajemen diri/Mengelola diri adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengurus dirinya sendiri.

G. Keterampilan dalam Pembelajaran
Atribut-atribut keterampilan dalam pembelajaran yang diidentifikasi meliputi:
a. Aktif berpartisipasi dalam kegiatan belajar untuk mendapatkan pengalaman belajar yang maksimal
b. Menerima dan memahami informasi baru dengan cepat
c. Menerapkan hal-hal yang telah dipelajari dan menggunakan keahlian dan pengetahuan baru dengan praktis, tenang dan mudah
d. Terbuka untuk menerima pengetahuan dan keahlian baru.

H. Keterampilan Menggunakan Teknologi
Atribut-atribut keterampilan menggunakan teknologi yang diidentifikasi meliputi:
a. Menggunakan komputer untuk kelancaran penyelesaian tugasnya
b. Berusaha mengetahui manfaat aplikasi komputer yang dibutuhkan dalam pekerjaan
c. Memelihara hardware/software tetap berfungsi secara baik.

I. Kesehatan dan Keselamatan Kerja
Aspek keselamatan dan kesehatan kerja untuk siswa SMK sebagai berikut.
a. Lingkungan atau area kerja;
b. Sarana prasarana keselamatan kerja;
c. Ketepatan penggunaan peralatan praktik;
d. Pencegahan kecelakaan kerja; dan
e. Pertolongan Pertama dapa Kecelakaan (PPPK).

TEMUAN PERMASALAHAN DAN CARA PENYELESAIAN MASALAHNYA

Anak-anak masih pada pasif pada saat pembahasan, mereka harus ditanya dulu apakah mereka benar-benar sudah mengerti atau belum

KESIMPULAN

Kesimpulannya adalah employability skills merupakan sekumpulan keterampilan-keterampilan non-teknis yang diperlukan untuk memasuki dunia kerja, untuk tetap bertahan dan mengembangkan karir di tempat kerja, ataupun untuk pengembangan karir di tempat kerja baru.

REFERENSI

E-book Employabillity Skills Bagi Lulusan SMK.pdf

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama