SKKNI-234-SOFT-SKILLS // BLC TELKOM KLATEN

 SKKNI-234-SOFT-SKILLS




PENDAHULUAN

a.Pengertian

soft skills merupakan keterampilan yang tidak terlihat namun memiliki pengaruh besar terhadap keberhasilan dalam pekerjaan secara khusus, dan di kehidupan secara umum, International Labour Organization (ILO)

b.Latar Belakang Masalah

Tuntutan kompetensi ketenagakerjaan saat ini tidak hanya mensyaratkan keterampilan teknis yang bersifat akademik, namun juga nonakademik. Dalam dunia kerja dua jenis keterampilan yang dikenal yaitu hard skills dan soft skills

tentunya Soft Skill lebih dibutuhkan dalam pekerjaan. perbandingannya di sebuah industri adalah Soft Skills 80% dan Hard Skills 20%.

MAKSUD DAN TUJUAN

a.Maksud

Membaca dan mencermati SKKNI 234 Soft Skills 

b.Tujuan 

Agar mengerti unit-unit kompetensi yang ada di dalam SKKNI 234 Soft Skills

BATASAN DAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN

SKKNI 234 Soft Skills

HASIL YANG DIHARAPKAN

Bisa mengimplementasikan setiap unit kompetensi yang ada di SKKNI 234 Soft Skills sesuai dengan standar indikator kinerjanya

ALAT DAN BAHAN

  • Laptop
  • Internet

TARGET WAKTU

8 Jam (08.00-16.00)

TAHAPAN PELAKSANAAN

  • Briefing
  • Pembahasan bersama-sama :


Soft Skills


Soft skill , juga dikenal sebagai keterampilan umum atau keterampilan inti , adalah keterampilan yang mampu di semua profesi. Ini termasuk berpikir kritis, pemecahan masalah, berbicara di depan umum, menulis profesional, kerja tim, literasi digital, kepemimpinan, sikap profesional, etos kerja, manajemen karir dan kelancaran antar budaya . Hal ini berbeda dengan hard skill, (Skill yang berhubungan dengan teknis) yang khusus untuk profesi individu 


Soft skills juga dikategorikan ke dalam keterampilan generik atau keterampilan hidup (life skills) yang berarti serangkaian keterampilan yang lebih luas dan dapat ditransfer antarpekerjaan secara umum, termasuk di dalamnya keterampilan berpikir (berpikir kritis dan kreatif, pemecahan masalah, dan sebagainya) keterampilan perilaku (seperti keterampilan komunikasi, organisasi, kerja tim, dan kepemimpinan) dan keterampilan komputasi.


Apa sih pentingnya Soft Skill di dunia kerja ?

ILO mencatat ada lima tantangan dunia kerja sehingga soft skills menjadi penting untuk dimiliki, yaitu :

1. Globalisasi dan meningkatnya persaingan kerja sehingga mendorong tingginya kebutuhan terhadap pekerja yang mampu bekerja dalam tim, mengambil keputusan yang tepat, dan memiliki inisiatif untuk meningkatkan produktivitas.

2. Globalisasi dan mobilitas internasional sehingga menuntut para pengusaha dan pemberi kerja untuk menghargai keragaman sosial, budaya, dan agama.

3. Meningkatnya kompleksitas masalah ekonomi, sosial, dan hal-hal teknis yang membutuhkan pemikiran yang kritis serta kecepatan dan ketepatan dalam penyelesaiannya.

4. Perubahan yang intensif sehingga mendorong kebutuhan pekerja yang adaptif dan mau terus belajar.

5. Perkembangan ekonomi yang berbasis pengetahuan sehingga keterampilan dalam komunikasi dan manajemen informasi menjadi sangat dibutuhkan.

TEMUAN PERMASALAHAN DAN CARA PENYELESAIAN MASALAHNYA

Hanya mengerti tentang teori nya tapi tidak bisa melakukannya, cara menangani nya dengan cara melakukan apa yang ada di setiap unit kompetensi nya.

KESIMPULAN

Pengembangan soft skills di dunia kerja meliputi pengembangan karakter dan kepribadian diri (personal) dan keterampilan menjalin relasi dengan orang lain (interpersonal). Kedua aspek tersebut memiliki dampak besar terhadap kinerja seseorang di tempat kerja. Oleh karena itu, melatih dan mengembangkan soft skills sebaiknya tidak hanya dilakukan selama masa persiapan sebelum memasuki dunia kerja namun juga saat telah bekerja.

REFERENSI

SKKNI 234 SOFT SKILLS


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama