PENTINGNYA ETIKA KOMUNIKASI
A.PENDAHULUAN
Assalamualaikum wr.wb kembali lagi di blog saya, kali ini kita akan membahas tentang pentingnya komunikasi.
a.Pengertian
Etika (Etik)
Etika berasal dari bahasa yunani yaitu ethos yang berarti karakter, watak kesusilaan atau adat kebiasaan di mana etika berhubungan erat dengan konsep individu atau kelompok sebagai alat penilai kebenaran atau evaluasi terhadap sesuatu yang telah dilakukan.
Etiket
Etiket adalah suatu sikap seperti sopan santun atau aturan lainnya yang mengatur hubungan antara kelompok manusia yang beradab dalam pergaulan.
Etika Komunikasi
Etika komunikasi adalah cara seseorang berkomunikasi kepada orang lain, contohnya lawan bicara kita lebih tua maka penataan bahasa dll berbeda dengan kita berkomunikasi dengan teman.
Berkomunikasi yang efektif harus mengandung unsur 5w+1h yaitu: Who (siapa), What (apa), Where (di mana), When (kapan), Why (mengapa), dan How (bagaimana).
Berikut contoh teknik komunikasi yang baik
- Menggunakan kata dan kalimat yang baik menyesuaikan dengan lingkungan
- Gunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh lawan bicara
- Menatap mata lawan bicara dengan lembut
- Memberikan ekspresi wajah yang ramah dan murah senyum
- Gunakan gerakan tubuh / gesture yang sopan dan wajar
- Bertingkah laku yang baik dan ramah terhadap lawan bicara
- Memakai pakaian yang rapi, menutup aurat dan sesuai sikon
- Tidak mudah terpancing emosi lawan bicara
- Menerima segala perbedaan pendapat atau perselisihan yang terjadi
- Mampu menempatkan diri dan menyesuaikan gaya komunikasi sesuai dengan
karakteristik lawan bicara.
- Menggunakan volume, nada, intonasi suara serta kecepatan bicara yang baik.
- Menggunakan komunikasi non verbal yang baik sesuai budaya yang berlaku
seperti berjabattangan, merunduk, hormat,cipika cipiki (cium pipi kanan – cium pipi kiri)
- Dan lain sebagainya.
- Gunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh lawan bicara
- Menatap mata lawan bicara dengan lembut
- Memberikan ekspresi wajah yang ramah dan murah senyum
- Gunakan gerakan tubuh / gesture yang sopan dan wajar
- Bertingkah laku yang baik dan ramah terhadap lawan bicara
- Memakai pakaian yang rapi, menutup aurat dan sesuai sikon
- Tidak mudah terpancing emosi lawan bicara
- Menerima segala perbedaan pendapat atau perselisihan yang terjadi
- Mampu menempatkan diri dan menyesuaikan gaya komunikasi sesuai dengan
karakteristik lawan bicara.
- Menggunakan volume, nada, intonasi suara serta kecepatan bicara yang baik.
- Menggunakan komunikasi non verbal yang baik sesuai budaya yang berlaku
seperti berjabattangan, merunduk, hormat,cipika cipiki (cium pipi kanan – cium pipi kiri)
- Dan lain sebagainya.
b.Latar Belakang Masalah
Dikarenakan Etika sangat diperlukan pada saat kita ber interaksi/berkomunikasi dengan orang lain.
B.MAKSUD DAN TUJUAN
a.Maksud
Menjelaskan tentang pentingnya Etika komunikasi
b.Tujuan
Agar menjadi lebih tau apa itu Etika komunikasi dan bagaimana cara menerapkannya
C.BATASAN DAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN
Pengertian Etika komunikasi
D.HASIL YANG DIHARAPKAN
Mengerti akan Etika komunikasi dan bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari juga din lingkungan kerja
E.ALAT DAN BAHAN
-Laptop
-internet
F.TARGET WAKTU
8 Jam (08.00-16.00)
G.TAHAPAN PELAKSANAAN
-Membaca ETIKA_KOMUNIKASI pdf.
-Membuat blog
H.TEMUAN PERMASALAHAN DAN CARA PENYELESAIAN MASALAHNYA
-Dulu masih sulit untuk berkomunikasi, Tapi sekarang saya mulai biasa kan dalam berkomunikasi.
I.REFERENSI
-ETIKA_KOMUNIKASI PDF.